Yohanes Chandra Ekajaya Sukses Beternak Puyuh

burung puyuh yohanes chandra ekajaya

kandang ternak puyuh J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Dalam mengawali usaha budidaya burung puyuh ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya lokasi budidaya puyuh, kandang, bibit puyuh dan berbagai macam kendala dalam perawatan puyuh. Yohanes Chandra Ekajaya menekuni usaha beternak puyuh mulai dari tahun 2009 sampai dengan sekarang ini. Bermodalkan tekan dan kerja kerasnya dari awal tahun 2009 kini Yohanes Chandra Ekajaya terbilang sangat sukses dibidangnya.

Persiapan yang dilakukan oleh Yohanes Chandra Ekajaya yang pertama adalah menentukan lokasi beternak puyuh. Lokasih yang jauh dari pemukiman penduduk dan keramain lah yang menjadi syarat utama dalam beternak puyuh. Selain jauh dari pemukiman dan keramaian transportasi yang strategis dan terbebas dari wabah juga menjadi bagian yang sangat penting dalam penentuan langkah awal beternak puyuh dan tentunya didukung dengan sirkulasi udara yang sangat baik juga.

burung puyuh yohanes chandra ekajaya

Langkah selanjutnya yang diambil oleh Yohanes Chandra Ekajaya mempersiapkan kandang untuk indukan petelur dan pembibitan karna hal ini berpengaruh langsung dengan tingkat produksi telur dan bibit puyuh yang dihasilkan. Tak lepas dengan persiapan kandang kelengkapan kandang dan pemeliharaan yang baik sangat menentukan keberhasilan beternak puyuh dan menghasilkan kualitas bibit yang baik. Pengetahuan akan berbagai macam penyakit yang menyerang burung puyuh pun harus kita kuasi dengan sangat baik beserta cara pencegahanya, tak jarang pemberian vaksinasi untuk burung puyuh pun harus terjadwal dengan sangat baik guna menjaga burung puyuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Langkah terakhir dalam beternak puyuh adalah proses pemanenan, Yohanes Chandra Ekajaya sendiri sangat telaten dalam tahap akhir dari beternak puyuh ini. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya selain memanen telur tiap harinya terdapat keuntungan selain itu juga diantaranya dengan mensortir indukan yang sudah kurang produktif untuk dijadikan puyuh potong ( diambil dagingnya sebagai konsumsi), kotoran burung puyuh dapat dijadikan untuk pupuk kandang dan bulunya pun dapat juga dijadikan sebagai bahan baku kerajinan tangan. Selepas dari itu semua Yohanes Chandra Ekajaya bermodalkan tekat dan kerja kerasnya serta keuletan dan kesabaran dalam usaha juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan beternak puyuh. Semoga artikel ini dapat memberikan masukkan bagi para pembaca sekalian yang masih bingung dalam menentukan salah satu jenis usaha dengan modal yang cukup.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s