Yohanes Chandra Ekajaya Syair

Kumpulan Musik dan Syair Cinta: Cinta, Jarak, dan Kampung Halaman karya Yohanes Eka Chandra dan Kelompok Musik Gegar Gempita

Beberapa bulan lalu, penyair muda berbakat Yohanes Eka Chandra dan kelompok musik Gegar Gempita berhasil menelurkan sebuah proyek album kolaborasi puisi dan musik, atau yang lebih dikenal dengan musikalisasi puisi. Sempat menggemparkan dunia musik dan perpuisian tanah air, Yohanes Eka Chandra dan Gegar Gempita pun tidak sedikitpun puas atas hasil positif dari album berjudul Antara Cinta dan Rindu Kampung Halaman yang baru saja ditelurkannya tersebut.

syair-yohanes-ekajaya  yohanes-chandra-ekajaya-syair-keren

Meski karya kolaborasi tersebut laris di pasaran, Yohanes Eka Chandra dan kelompok musik Gegar Gempita akan merencanakan sebuah acara launching album Antara Cinta dan Rindu Kampung Halaman yang rencananya akan digelar di awal tahun. Meski masih rahasia, kedua seniman muda berbakat tersebut ingin mencari momen yang paling tepat untuk launching album tersebut.

yohanes-chandra-ekajaya-rembulan

Uniknya, Yohanes Eka Chandra dan kelompok musik Gegar Gempita telah memberikan bocoran berupa nama acara dan konsep acara kepada para penggemarnya melalui akun twitternya. Dalam akun twitter tersebut, nama acaranya adalah “Kumpulan Musik dan Syair Cinta: Cinta, Jarak, dan Kampung Halaman” yang rencananya akan berkonsep seperti pesta kebun.

yohanes-chandra-ekajaya-syair

Yohanes Eka Chandra juga menjelaskan kepada para penggemarnya, bahwa konsep pesta kebun tersebut digunakan agar terlihat lebih beda dari konsep launching album musik yang kebanyakan digelar di gedung kesenian, ruang komunitas, maupun kafetaria.

“Agar terlihat lebih beda dari penyelenggaraan launching pada umumnya, akhirnya saya dan Gegar Gempita memutuskan untuk menggunakan taman kota untuk dijadikan sebagai acara launching album “Antara Cinta dan Rindu Kampung Halaman”, ungkap Yohanes Eka Chandra.

Bersama dengan Gegar Gempita, Yohanes Eka Chandra menyampaikan bahwa sejauh ini, mereka telah membentuk tim yang ia dapatkan dengan membuka volunteer yang dipublikasikan di akun media sosial mereka. Kebanyakan para volunteer datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang notabene merupakan penggemar puisi-puisi Yohanes Eka Chandra dan penggemar berat kelompok musik beraliran folk, yaitu Gegar Gempita.

“Antara Cinta dan Rindu Kampung Halaman” merupakan sebuah album musikalisasi puisi yang di dalamnya berisikan 10 lagu yang merupakan bentuk apresiasi sajak-sajak romantis Yohanes Eka Chandra dengan kemasan aransemen musik folk ala kelompok musik Gegar Gempita.

Menghabiskan waktu lebih dari empat bulan, Gegar Gempita melakukan pendalaman dan pembedahan lirik dari syair puisi Yohanes Eka Chandra yang termaktub dalam buku kumpulan puisi Hujan di Tepi Sungai Nil dan Cinta dan Secangkir Kopi untuk Malena karya Yohanes Eka Chandra.

“Selama lebih dari empat bulan, kita mencoba mendalami lirik dari Yohanes Eka Chandra, dimana akhirnya kita menemukan bahwa nuansa folk lebih tepat untuk sajak-sajak yang banyak bertemakan kerinduan dan cinta,” ujar Bian personil Gegar Gempita yang berposisi sebagai lead guitar sekaligus vokal pendukung dari kelompok musik asal Bandung tersebut.

Selain itu, launching album musikalisasi puis bertema Kumpulan Musik dan Syair Cinta: Cinta, Jarak, dan Kampung Halaman karya kolaborasi penyair Yohanes Eka Chandra dan kelompok musik Gegar Gempita tersebut akan menyasar pada kalangan muda yaitu: pelajar dan mahasiswa. Kalangan pelajar dan mahasiswa tersebut dijadikan sebagai sassaran utama dikarenakan album besutan kolaborasi dua seniman ini banyak berkisah tentang hubungan percintaan dan persahabatan yang tentu banyak dialami oleh kalangan muda hari ini. Petuah bijak yang dikemas dalam barisan puisi cinta yang dibalut dalam nuansa musik folk menjadi tawaran dari lagu tersebut.

Para penggemar pun juga sangat menunggu dan sudah tak betah hadir dalam penyelenggaraan launching album bertajuk Kumpulan Musik dan Syair Cinta: Cinta, Jarak, dan Kampung Halaman, yang nantinya merupakan titik puncak dari meledaknya album musikalisasi puisi berjudul Antara Cinta dan Rindu Kampung Halaman karya Yohanes Eka Chandra sebagai pembuat lirik, dan Gegar Gempita sebagai pembuat lagu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s