Resep Poached Egg Chef Yohanes Eka Chandra

Jika Anda baru mengenal telur hanya dapat dinikmati dengan cara digoreng menjadi telur mata sapi, orak-arik, hingga dadar. Kali ini, Chef Yohanes Eka Chandra akan mengajak Anda mengenal sekaligus membuat sajian kuliner dari telur dengan berbeda. Apakah Anda mengenal poached egg? Jika belum, poached egg merupakan telur mata sapi yang dimasak dengan teknik simmering. Ya, simmering merupakan sebuah teknik memasak dengan menggunakan titik didih air.

resep-poached-egg-chef-yohanes-eka-chandra

Two poached eggs on a toasted English muffin.

Two poached eggs on a toasted English muffin.

Namun, untuk membuat poached egg, chef Yohanes Eka Chandra menyarankan untuk memilih telur yang segar. Dalam hal ini, telur yang dipilih adalah telur yang baru saja ditetaskan dari ayam dan berumur sekitar 24 jam. Hal tersebut dikarenakan, telur yang sudah memiliki usia tetasan yang terlalu lama, kebanyakan putih telur akan langsung terpisah dari kuningnya ketika tengah dimasukkan ke air.

Nah, berikut tips membuat poached egg ala Chef Yohanes Eka Chandra. Pertama-tama, pecahkan telur dan taruh di sebuah gelas/mangkuk kecil, kemudian isi panci pan berpemukaan lebar atau dutch oven (semacam pot berbahan besi cor) dengan air setinggi lima sentimeter. Setelah itu, tambahkan seperempat cangkir cuka putih suling, lalu setelah cukup panas, celupkan bibir mangkuk ke air mendidih dan memulai untuk merebus telur ceplok ke dalam air. Setelah itu, masak selama beberapa menit sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Kemudian gunakan sendok berluban untuk menciduk telur dari air mendidih lalu keringkan sejenak sebelum akhirnya disajikan.

Tentu mudah bukan? Itulah poached egg ala chef Yohanes Eka Chandra. Untuk menambah sensasi dan cita rasa, Anda juga dapat menambahkan beraneka macam varian seperti daging,roti, dan sebagainya agar lebih menggoda selera.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s