Ini Alasan Jokowi Tidak Kembali ke Istana pada 4 November

Sikap ketidakhadiran Joko Widodo saat aksi damai pada (4/11) mengundang banyak reaksi dari para pendemo. Hampir semua pemberitaan menyayangkan sikap presiden Joko Widodo tersebut sehingga terbentuk sebuah opini publik terkait hilangnya kewibawaannya di hati masyarakat.

Memang pada saat terselenggaranya demo pada (4/11) tersebut, Presiden Joko Widodo tengah meninjau proyek bandara Soekarno Hatta. Berbagai macam pendapat pun ikut muncul dari berbagai kalangan, di antaranya adalah pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting (VCRC) Pangi Syarwi Chaniago yang mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo terkesan menghindar dan takut menemui rakyatnya.

Menengok pendapat yang berkembang di tengah masyarakat, salah satu situs berita mengungkapkan bahwa sebagai pemimpin tertinggi, Presiden Joko Widodo telah sigap dalam mengambil langkah strategis, dimana sebelum aksi damai yang akan diselenggarakan pada 4 November, ia telah menjumpai Prabowo, Pemimpin Redaksi, dan Ulama dari MUI, PBNU, dan PP Muhammadiyah yang diharapkan dapat meredam emosi massa saat aksi bela islam berlangsung.

Selanjutnya, berbagai pendapat yang muncul terkait ketidakhadiran Presiden Joko Widodo di tengah aksi demo tersebut, bukan berarti sebagai upaya menghindari peserta aksi, atau ingin kabur seperti yang diungkapkan oleh beberapa pemberitaan.

Namun, di tengah merebaknya pendapat  yang menganggap bahwa Presiden Joko Widodo kabur pada aksi (4/11) mengundang pernyataan dari Seskab Pramono Anung yang ditemui di Istana Merdeka pada (5/11).

“Sebenarnya Bapak Presiden tiga sampai empat kali berkomunikasi dengan Mensesneg dan Seskab untuk ke Istana. Namun,  karena semua jalan tak memungkinkan, Danpaspampres menyarankan untuk tidak kembali,” ungkap  Seskab Pramono Anung.

“Dia tidak takut, karena dia sudah berencana ke Istana namun dilarang karena sudah tidak memungkinkan lagi,” ungkapnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s